Selasa, 29 November 2016

Kekhasan Atom Karbon

Kekhasan atom karbon diantaranya mempunyai elektron valensi 4 sehingga dapat membentuk rantai karbon yang beragaam jenisnya, berikut penjelasannya.

KEKHASAN ATOM KARBON

Banyaknya jenis dan jumlah senyawa karbon tidak terlepas dari sifat khas atom karbon yang dapat membentuk senyawa dengan berbagai unsur dengan struktur yang bervariasi. Beberapa kekhasan atom karbon tersebut antara lain:
1. Kekhasan atom karbon yang pertama adalah atom karbon mempunyai nomor atom 6, dengan empat elektron valensi. Keempat elektron valensi membentuk pasangan elektron bersama dengan atom lain membentuk ikatan kovalen. Keempat elektron valensi ini dapat digambarkan sebagai tangan ikatan.
kekhasan atom karbon - struktur lewis atom karbon
2. Kekhasan atom karbon yang kedua adalah dengan keempat tangan ikatan tangan itu, atom karbon dapat membentuk rantai atom karbon dengan berbagai bentuk dan kemungkinan. Setiap kemungkinan menghasilkan satu jenis senyawa. Semakin banyak kemungkinan, semakin banyak jenis senyawa yang bisa dibentuk oleh atom karbon.
Beberapa kemungkinan rantai karbon yang dibentuk dapat dikelompokan berdasarkan:
a. Jumlah ikatan
Ikatan tunggal, yaitu ikatan antara atom – atom karbon dengan satu tangan ikatan (sepasang elektron ikatan)
kekhasan atom karbon - ikatan tunggal
Ikatan rangkap dua, yaitu terdapat ikatan antara atom – atom karbon dengan dua tangan ikatan (dua pasang elektron ikatan).
kekhasan atom karbon - ikatan rangkap dua
Ikatan rangkap tiga (ganda tiga), yaitu ikatan antara atom – atom karbon dengan tiga tangan ikatan (tiga pasang elektron ikatan).
kekhasan atom karbon - ikatan rangkap tiga
b. Bentuk rantai
Rantai terbuka (alifatis), yaitu rantai yang antar ujung – ujung atom karbonnya tidak saling berhubungan.Rantai jenis ini ada yang bercabang dan ada yang tidak bercabang.
kekhasan atom karbon - rantai terbuka (alifatik)
Rantai tertutup (siklis), yaitu rantai yang terdapat pertemuan antara ujung – ujung rantai karbonnya. Terdapat dua macam rantai siklis, yaitu rantai siklis dan aromatis.
kekhasan atom karbon -  rantai tertutup
3. Posisi atom karbon di dalam rantai karbon
Berdasarkan jumlah atom karbon lain yang diikat, terdapat empat kemungkinan posisi atomC dalam rantai karbon, yaitu:
  1. Atom karbon primer
  2. Atom karbon sekunder
  3. Atom karbon tersier
  4. Atom karbon kuartener
Coba perhatikan gambar berikut:
kekhasan atom karbon -  posisi atom karbon
Atom C1 hanya mengikat 1 atom C lainnya, atom C1 disebut atom karbon primer. Atom C2mengikat 2 atom C lainnya, atom C2 disebut atom karbon tersier. Atom C3 mengikat 3 atom C lainnya, atom C3 disebut atom karbon tersier, Atom C4 mengikat 4 atom C lainnya, atom C4 disebut atom karbon kuartener.
  • Atom karbon primer, yaitu rantai karbon yang hanya mengikat secara langsung satu atom karbon yang lain.
  • Atom karbon sekunder, yaitu atom karbon yang mengikat secara langsung dua atom karbon yang lain.
  • Atom karbon tersier, yaitu atom karbon yang mengikat secara langsung tiga atom karbon yang lain.
  • Atom karbon kuartener, yaitu atom karbon yang mengikat secara langsung empat atom karbon yang lain.
Demikian ulasan mengenai kekhasan atom karbon. Jika ada masukan, saran ataupun pertanyaan silahkan berkomentar ya. Semoga bermanfaat…..
Sumber:
Sudarmo, U.(2013). KIMIA: Untuk SMA/MA Kelas XI, Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Erlangga: Jakarta

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Copyright © Home | Powered by Blogger

Design Edited by Rolan Oktafian | Up ↑